3 Cara Mudah Mengontrol Keuangan Keluarga

Cara mudah mengontrol keuangan keluarga. Dalam kehidupan berkeluarga, ada beberapa hal yang memang harus dipelajari dan dipahami. Salah satunya adalah bagaimana cara anda mengontrol keuangan dalam keluarga anda.

Mengatur keuangan dalam rumah tangga memang sangat diharuskan untuk dipelajari. Karena hal ini berkaitan dengan keharmonisan keluarga anda. Jika anda gagal dalam mengatur keuangan, kemungkinan besar hubungan dalam kehidupan rumah tangga anda tidak akann nyaman. Sebab jika anda gagal, kebutuhan rumah tangga anda pasti akan selalu kurang dan kurang serta tidak pernah tercukupi setiap harinya. Padahal pemasukan pun sudah besar, tapi pengeluaran ternyata lebih besar dari pemasukan.

Untuk mengatur keuangan dalam keluarga, anda perlu mempelajari beberapa hal. Hal itu terdiri dari beberapa cara yang akan membantu anda dalamm mengurus dan mengontrol keuangan keluarga anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak berikut ini beberapa cara mudah untuk mengontrol keuangan dalam keluarga:

3 Cara Mudah Mengontrol Keuangan Keluarga

1. Memanfaatkan teknologi

Dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran di jaman sekarang, anda tidak perlu lagi mencatat dalam buku besar. Teknologi sudah semakin canggih. Anda bisa memanfaatkan program software exel untuk penghitungannya. Disana sudah tersedia rumus lengkap untuk menghitung keuangan anda. Anda pun bisa mengetahui dan melacak kemana uang anda pergi. Anda juga bisa menggunakan internet banking untuk mempermudah melihat rincian setiap transaksi yang anda lakukan dalam rekening tabungan.

2. Mengurangi jumlah rekening

Mungkin sebelum menikah, anda memiliki dua rekening, dan setelah menikah anda memiliki 4 rekening, karena pasangan anda juga memiliki 2 rekening. Jika setelah berkeluarga anda harus merawat 4 rekening sekaligus, anda pasti akan merasakan kesulitan. Untuk itu, anda bisa mengurangi rekening anda. Anda bisa menyyisakan satu atau dua rekening saja untuk kebutuhan anda. Hal ini juga bertujuan agar anda tidak kebingungan dalam melakukan dan melacak transaksi yang anda lakukan dalam keluarga.

3. Pembayaran auto pay

Jika anda sering terlambat dalam pembayaran, baik itu pemayaran rekening listrik, pam, telepon, atau yang lainnya. Anda bisa memanfaatkan teknologi sekarang yang sudah maju dan super cepat. Anda bisa menggunakan auto pay dalam pembayaran kilat anda. Jadi anda tidak perlu memikirkan keterlambatan anda dalam pembayaran. Meskipun ini langkah kecil, jika anda bisa melakukannya dengan baik akan sangat bermanfaat untuk keluarga anda.

Demikianlah 3 cara mudah mengontrol keuangan keluarga. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef