Waspada 3 Penyakit yang Mengintai Pendaki Gunung

Mendaki gunung adalah salah satu olahraga ekstrim yang diminati oleh banyak orang. Bahkan Sebagian orang menganggapnya sebagai hobi yang menantang tapi menyenangkan. Cocok untuk menguji nyali dan keberaniannya.

Memang, mendaki itu menyenangkan, melatih keberanian, dan juga kekukatan fisik seseorang. Namun, meskipun menyenangkan, anda juga harus berhati-hati dan tetap menjaga kesehatan. Karena memang ada beberapa penyakit yang dapat menyerang para pendaki gunung. Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui, apa ada penyakit tertentu yang hanya bisa menyerang pendaki gunung?

Jawabannya ada. Penyakit ini jangan anda sepelekan. Bahkan jika anda membiarkan penyakit ini menyerang tubuh anda bisa berakibat fatal, dan nyawapun bisa menjadi taruhannya. Sebelum anda melakukan pendakian, anda perlu mengetahui beberapa penyakit yang mungkin bisa menyerang anda. Berikut ini beberapa penyakit yang mengintai pendaki gunung:
Waspada 3 Penyakit yang Mengintai Pendaki Gunung

1. High Altitude Cerebral Edema (HACE)

Penyakit ini dapat mempengaruhi otak dengan munculnya cairan. Penyakit ini memunculkan beberapa gejala antara lain, sakit kepala, pandangan kabur, dan disorientasi otak. Penyakit ini bila dibiarkan akan berakibat fatal sampai pada kematian. Untuk mencegah dan mengobati penyakit ini, minumlah lebih banyak air. Ketika pendakian, bawalah air minimal 3 liter untuk satu orang.

2. Acute Mountain Sickness (AMS)

Penyakit ini seing diderita oleh para pendaki. Gejala yang ditimbulkan adalah perasaan mabuk dengan dibarengi sakit kepala, kelelahan, hilang selera makan, mual, dan bahkan hingga mual. Hal ini karena anda tidak terbiasa pada ketinggian. Anda bisa menghindari AMS dengan membiasakan terhadap ketinggian selama 24 hingga 72 jam.

3. High Altitude Pulmonary Edema (HAPE)

Penyakit ini biasanya menyerang pada pendaki yang mendaki pada ketinggain lebih dari 8.000 kaki atau 2.438 Mdpl. Tidak tanggung-tanggung, bahkan orang yang tadinya sehat dan berpengalaman dalam pendakian pun bisa terserang penyakit ini. Gejala yang ditimbulkan adalah batuk kering dan napas yang semakin memendek. Untuk penyembuhan penyakit ini adalah dengan memberikan oksigen yang cukup kepada penderitanya. Untuk menghindarinya, sebelum pendakian, anda harus benar-benar menyiapkan mental dan fisik anda secara maksimal, dan badan anda harus benar-benar sehat.

Demikianlah 3 penyakit yang mengintai pendaki gunung. Berhatilah karena penyakit tersebut bisa menyerang anda ketika sedang mendaki. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef