4 Khasiat Buah Asam yang Jarang Diketahui

Buah asam adalah salah satu buah yang pohonnya bisa tumbuh subur di iklim tropis seperti di Indonesia. Pohon buah ini juga banyak di temukan di Afrika, Asia, Amerika Selatan, dan kepulauan Karibia. Buah ini memiliki ciri khas di rasanya yang sesuai dengan namanya, yaitu asam.

Buah asam sudah sangat dikenal di negara Insonesia karena manfaat dan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Biasanya orang memanfaatkan buah ini sebagai bumbu rempah-rempah masakan sehari-hari. Namun ada juga yang memakan buah ini secara langsung tanpa dijadikan sebagai campuran bumbu masakan. Karena memang sebagian orang menjadikan buah asam ini sebagai buah favorit.

Khasiat yang diberikan buah asam untuk kesehatan memang sangatlah banyak. Tak banyak orang yang mengetahui khasiat dari buah asam itu sendiri. Sebenarnya jika anda mengetahui khasiat dari asam yang sebenarnya, anda pasti bisa memanfaatkan dengan maksimal. Untuk anda yang ingin mengetahui khasiat dari buah asam, berikut ini beberapa khasiat buah asam yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang:

1. Serat buah asam mencegah sembelit

Buah asam ini kaya akan kandungan seratnya. Serat NSP pada buah asam mampu meningkatkan gerak usus, sehingga anda akan terhindar dari masalah sembelit. Kandungan seratnya juga dapat mengikat racun makanan. Selaput lendir usus anda akan terhindar dari penyakit kanker.

2. Memenuhi kebutuhan vitamin

Asam mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, thiamin, asam volat, niasin, dan riboflavin. Dengan kandungan vitamin dalam asam, tubuh anda akan dapat terpenuhi kebutuhan vitaminnya. Dan metabolisme tubuh anda akan didukung oleh kandungan vitamin yang terdapat pada buah asam ini.

3. Kaya nutrisi

Buah asam kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan senyawa penting yang terdapat pada buah asam seperti mineral, kima, volatil, vitamin, NSP, tanin, dan serat makanan, semua nutrisi itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. 100 gr buah asam mampu memenuhi 13% serat makanan bagi tubuh.

4. Kandungaan fitokimia dan mineral

Kandungan fitokimia dan mineral pada buah asam mudah mengalami penguapan, dan kedua kandungan inilah yang memberikan rasa asam pada buah tersebut. Asam juga merupakan sumber dari mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, selenuym, zat besi, magnesium, dan seng. Semua kandungan mineral tersebut sangat penting untuk kesehatan tubuh dan juga mencegah berbagai macam penyakit.

Demikianlah 4 khasiat buah asam yang jarang diketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef