3 Penyebab Penyakit Lupus Yang Wajib Anda Ketahui

Penyakit lupus adalah penyakit peradangan kronis yang terjadi ketika sistem imun tubuh menyerang organ dan jaringan tubuh itu sendiri. Peradangan yang disebabkan oleh penyakit lupus ini dapat mempengaruh banyak sistem tubuh diantara sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung hingga paru-paru.

Pencegahan dan penanganan lebih dini lebih baik sebelum peyakit lupus ini menyerang tubuh kita. Penyakit lupus memiliki gejala-gejala umum yang cukup sulit dibedakan dengan berbagai penyakit lainnya. Gejala penyakit lupus diantaranya adalah tubuh lemas, demam, Hilag berat badan atau barat badan meningkat derastis, radang mulut, rambut rontok, ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipi dan hidung dan berbagai gejala lainnya.

Untuk penyebab penyakit lupus hingga saat ini belum ada yang bisa menyebutkan secara pasti akan penyebab penyakit lupus. Namun menurut para ahli ada 3 hal yang menjadi penyebab penyakit lupus. Berikut 3 penyebab penyakit lupus.
3 Penyebab Penyakit Lupus Yang Wajib Anda Ketahui

1. Genetis

Meskipun belum ditemukan secara pasti hubungan jelas antara gen dengan penyakit lupus. Namun gen juga merupakan salah satu penyebab penyakit lupus. Ada beberapa kasus tertentu yang terdapat hubungan antara faktor genetis dengan penyakit lupus. Hubungan darah memiliki resiko terserang penyakit lupus 20 kali lebih tinggi.

2. Hormon

Selain gen hormon juga menjadi pnyebab penyakit lupus. Kebanyakan penderita penyakit lupus adalah wanita, sembilan dari sepuluh penderita penyakit lupus adalah wanita. Karena hal ini peneliti mengkaitkan hubungan antara hormon estrogen dengan penyakit lupus. Biasanya ketika wanita sedang datang bulan atau hamil, gejala penyakit lupus terlihat jelas karena produksi hormon estrogen meningkat.

3. Lingkungan

Lingkungan juga menjadi faktor yang berpengaruh terhadap munculnya penyakit lupus. Beberapa bakteri, virus, dan bahan kimia yang terdapat pada lingkungan dapat menjadi penyebab utama timbulnya penyakit lupus.

Demikianlah 3 penyebab penyakit lupus yang wajib anda ketahui. Selalu kenali gejalanya dan selalu menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef