6 Khasiat Buncis untuk Tubuh Kita

Buncis adalah sejenis kacang-kacangan yang dapat dimakan dan memiliki rasa lebih manis dan lebih memiliki banyak air. Buncis itu sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu Boontjes. Buncis ini berasal dari Amerika Tengaj dan Amerika Selatan. Bentuknya yang mirip dengan kacang-kacangan, tidak menutup kemungkinan kandungan nutrisi dan manfaatnya hampir sama dengan kacang.

Sayuran sejenis kacang-kacangan ini memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan protein dan vitamin dalam buncis dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah. Buncis ini sangat cocok dimakan oleh seseorang yang memiliki penyakit diabetes dan hipertensi. Selain rasanya yang manis, sayuran ini juga bermanfaat bagi tubuh.
Manfaat dan khasiat dari buncis itu sendiri sangatlah banyak, selain yang dijelaskan di atas, ada juga manfaat dan khasiat lain yang mungkin anda sendiri belum mengetahuinya. Lalu apa saja manfaat dan khasiat buncis untuk tubuh kita? Lebih jelasnya, berikut 6 khasiat buncis untuk tubuh:
6 Khasiat Buncis untuk Tubuh Kita

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam sayuran seperti buncis memiliki kandungan antioksidan yang sangat efektif melawan radikal bebas yang dapat menyerang dan merusak sel-sel sehat pada tubuh kita. Selain itu, jika anda mengkonsumsi buncis secara rutin untuk makanan sehari-hari, anda akan terhindar dari resiko terkenanya penyakit kanker.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Jika anda memiliki masalah dengan jantung anda, anda bisa memanfaatkan buncis sebagai obat penyembuhan. Kandungan flavonoid yang sangat tinggi didalamnya dapat mengurangi resiko terkenaanya penyait jantung. Flavonoid itu sendiri merupakan antioksidan yang sering ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah terjadinya pembekuan dalam darah di arteri dan vena. Jika anda ingin terhindar dari penyakit jantung, konsumsi buncis secara teratur merupakan solusi terbaik.

3. Mencegah kanker usus

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buncis, jika dikonsumsi secara rutin akan dapat mencegah polip yang bisa menyebabkan kanker usus besar. Tingkatkan asupan gizi anda dengan kacang buncis, hal itu dapat dengan mudah mengurangi resiko kekambuhan kanker adenoma dan kanker kolorektal secara perlahan dan alami.

4. Kesehatan tulang

Buncis mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin A, vitamin K, dan silikon, semua nutrisi itu sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kita, terutama tulang kita. Buncis dapat menguatkan tulang kita. Jika dikonsumsi secara rutin akan dapat mencegah kerusakan pada tulang dan osteoporosis. 

5. Kesehatan mata

Kandungan karotenoid yang terdapat pada buncis dapat mencegah degenerasi makula yang bisa mengakibatkan penurunan fungsi mata. Degenerasi makula itu sendiri jika terjadi dan dibiarkan akan dapat membuat mata anda tidak berfungsi dengan normal dan bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Untuk mencegahnya anda bisa mengkonsumsi buncis secara rutin.

6. Baik untuk ibu hamil

Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan folat untuk kesehatan janin. Buncis adalah solusi terbaik, karena buncis merupan sumber folat. Kadar asam folat yang terdapat pada buncis dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin. Konsumsilah buncis secara rutin, agar janin yang dikandungnya bisa terlahir dengan sehat dan tanpa ada cacat pada tubuhnya.

Demikianlah 6 khasiat buncis untuk tubuh kita. Buncis yang selama ini hanya dipandang sebelah mata, ternyata memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh kita. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef