Ladies, Kenalilah 6 Hormon Penyebab Anda Gemuk

Hormon adalah Zat kimia yang diproduksi oleh kelenjar endokrin atau kelenjar buntu yang menyimpan efek tertentu pada aktivitas organ-organ lain di dalam tubuh. Semua organisme yang bersifat multiselular pasti memproduksi hormon, termasuk tumbuhan.

Pembagian hormon itu bermacam-macam dan memiliki fungsi masing-masing. Diantara macam-macam hormon, ada beberapa hormon yang bisa membuat badan seseorang menjadi gemuk. Sehingga tak sedikit pula orang yang telah berhasil menurunkan berat badan dengan diet ketat, tapi kemudian kembali lagi menjadi gemuk karena hormon penyebab gemuk itu. Bahkan bisa bertambah dua kali lipat berat badannya.
Memang mempertahankan berat badan itu lebih sulit dibandingkan mendapatkannya. Orang menganggap ada yang salah dari pola makan mereka yang menyebabkan berat badan menjadi bertambah. Padahal, tidak selalu pola makanlah yang menyebabkan berat badan tidak stabil dan semakin bertambah. Namun, bisa saja dikarenakan hormon yang ada dalam tubuhnya. Lalu hormon apa sajakah itu? Berikut 6 hormon penyebab anda gemuk:
Ladies, Kenalilah 6 Hormon Penyebab Anda Gemuk

1. Hormon estrogen

Ketika wanita mengalami manopause, berat badan wanita aakan mengalami kenaikan yang dikarenakan tingkat hormon estrogen yang menurun. Berat tubuh yang mengalami kenaikan terutama dibagian sekitar perut dan usus. Hal itulah yang menyebabkaan berat badan wanita tidak stabil dan tidak terkendali saat mengalami manopause.

2. Hormon progesteron

Bukan hanya hormon estrogen saja. Saat wanita mengalami manopause, hormon progesteron juga akan mengalami penurunan, sehingga tubuh akan mengalami pembengkakan akibat retensi air dan lemak yang berlebihan, akibatnya berat badan pun akan mengalami kenaikan yang tidak stabil dan tidak terkendalikan.

3. Hormon kortisol

Hormon kortisol sering disebut juga dengan hormon stres. Sesuai sebutannya, hormon ini akan mengalami peningkatan di saat wanita memikul beban masalah dan stres berlebih. Akibatnya nafsu makan akan bertambah tinggi dan kenaikan berat badan pun tidak bisa terkendalikan. So, kurangilah beban hidup anda dengan refresing. Dan jika anda mengalami stres, segeralah anda memulihkannya agar hormon kortisol ini tidak meningkat, dan resiko kegemukan pun akan terhindarkan.

4. Hormon tiroid

Hipotiroidisme merupakan suatu penyakit yang menyerang hormon tiroid. Jika hormon tersebut terserang hipotiroidisme, maka akan berakibat pada masalah berat badan anda, yaitu berat badan anda akan mengalami peningkatan. Selain itu, kulit anda akan menjadi kering, sembelit, dan anda pun juga akan cepat dan sering merasa lelah.

5. Hormon insulin

Hormon ini memang bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Jika hormon insulin ini mengalami kenaikan dan tidak terkendali, yang akan terjadi bukan hanya terkena penyakit diabetes, namun juga berat badan anda akan bertambah. Karena hormon insulin bukan hanya mengatur gula darah, tapi juga memiliki tanggung jawab atas regulasi lemak dan karbohidrat dalam tubuh, akibatnya berat badan pun akan meningkat.

6. Hormon testosteron

Hormon testosteron tidak hanya ada di dalam tubuh pria, tapi juga terdapat pada tubuh wanita. Ketika horon ini mengalami peningkatan, wanita akan menderita sindrom yang disebut juga dengan sindrom ovarium polikistik atau PCOS. Akibatnya, berat badan wanita akan mengalami kenaikan, kenaikan massa otot yang berlebihan, hingga tumbuh suburnya rambut pada wajah.

Demikianlah 6 hormon penyebab anda menjadi gemuk. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef