5 Penyebab Anda Sering Buang Air Kecil

Penyebab Anda Sering Buang Air Kecil - Apakah anda termasuk orang yang sering buang air kecil? Jika iya hal tersebut pasti membuat anda merasa tidak nyaman, karena biasanya hal tersebut juga bisa mengganggu aktifitas anda. Lebih-lebih jika anda sedang dalam perjalanan mengendarai kendaraan. Anda mungkin akan kerepotan karena harus berhenti dulu hanya ingin mencari toilet.

Banyak orang yang beranggapan jika terlalu sering buang air besar pasti karena kebanyakan minum, namun ternyata pendapat ini tidak sepenuhnya benar karena selalu ingin buang air kecil terkadang bisa mengindikasikan kondisi penyakit tertentu.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa penyebab anda sering buang air kecil. Anda mungkin belum tahu apa saja sebenarnya yang bisa menjadi faktor sering buang air kecil, agar anda tidak penasaran, langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami ini, semoga bermanfaat. Berikut 5 Penyebab anda sering buang air kecil.

5 Penyebab Anda Sering Buang Air Kecil
Penyebab Anda Sering Buang Air Kecil

1. Anda memiliki ukuran kandung kemih yang kecil

Ukuran dan bentuk tubuh setiap orang berbeda-beda, ada yang tinggi, pendek, kurus dan gemuk. Begitu juga dengan kandung kemih yang dimiliki setiap orang. Umumnya kandung kemih biasanya dapat menampung sampai dengan dua gelas cairan, jika ukuran kandung kemih kecil kemungkinan daya tampungnya sedikit shingga menyebabkan anda sering buang air kecil.

2. Konsumsi obat-obatan tertentu

Terkadang karena efek mengkonsumsi obat-obatan seperti obat diuretik yang dikonsumsi oleh penderita darah tinggi dapat menyebabkan ginjal anda memproduksi urine lebih banyak. Obat-obatan yang sering diberikan pasien yang depresi juga mempunyai efek samping yang sama yaitu seringnya buang air kecil.

3. Anda mengalami infeksi saluran kemih atau batu ginjal

Sering buang air kecil dapat anda alami karena infeksi dan adanya batu menyerupai kristal yang terdapat pada saluran kemih, dan itu menyebabkan kandung kemih teriritasi. Infeksi pada saluran kemih juga menyebabkan nyeri saat buang air kecil, sedangkan batu ginjal dapat menyebabkan nyeri pinggang dan nyeri saat buang air kecil.

4. Otot-otot dasar panggul anda lemah

Seseorang yang dapat menahan urine lebih mudah dikarenakan mempunyai otot-otot dasar panggul yang kuat. Biasanya hal ini sering dialami oleh ibu hamil dan wanita yang baru saja melahirkan. Solusinya adalah dengan latihan kegel, karena latihan kegel dapat membantu mengencangkan otot-otot dasar panggul .

5. Anda memiliki diabetes

Seringnya buang air kecil, sering makan dan sering minum merupakan tiga gejala menderita diabetes melitus. Ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi dapat membuat ginjal anda memproduksi urine lebih banyak. Sebaiknya jika anda mengalami sering buang air kecil, lakukanlah pemeriksaan laboratorium tentang gula darah anda.

Demikianlah informasi tentang 5 Penyebab Anda Sering Buang Air Kecil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef