5 Penyebab Leher Kaku Yang Wajib Dihindari

Penyebab Leher Kaku Yang Wajib Dihindari - Sakit pada leher yang terasa kaku ada yang sifatnya ringan namun ada juga dalam kondisi medis tertentu dianggap berbahaya seperti gejala radang selaput otak atau meningitis. Seseorang yang mengalami sakit pada leher biasanya ditandai dengan rasa sakit serta kesulitan dalam menggerakkan lehernya seperti ketika akan menoleh ke kanan ataupun ke kiri.

Rasa sakit pada leher kadang juga diikuti dengan rasa sakit kepala, nyeri pada bahu atau lengan serta tubuh terasa pegal-pegal. Hal demikian pasti membuat seseorang menjadi terganggu dan kurang nyaman dalam melaksanakan aktifitas.

Pada tulisan kami kali ini akan kami muat keterangan tentang beberapa penyebab leher kaku yang wajib dihindari. Mungkin dari artikel ini bisa bermanfaat buat anda terutama pada anda yang sering mengalami masalah kaku pada leher. Agar gejala tersebut tidak terulang lagi maka alangkah baiknya anda menyimak artikel dari kami ini, semoga bermanfaat. Berikut 5 Penyebab leher kaku yang wajib dihindari.
5 Penyebab Leher Kaku Yang Wajib Dihindari
Penyebab Leher Kaku Yang Wajib Dihindari

1. Posisi tidur yang tidak tepat

Posisi tidur yang tidak tepat dan salah bisa menyebabkan leher kaku ataupun kram, dari sekian kasus yang ada, para penderita mengaku sering merasakan sakit pada bagian leher saat bangun tidur. Diantara solusi yang bisa mencegah terjadinya sakit leher saat bangun tidur yaitu saat tidur gunakanlah bantal yang nyaman serta usahakan posisi tidur dalam keadaan senyaman mungkin. Jika terlanjur sakit pada leher anda bisa mencobanya dengan memijat secara perlahan pada leher dan beristirahatlah yang cukup.

2. Jarang bergerak

Jarang bergerak atau tubuh sering pasif bisa berdampak leher menjadi kaku. Para ahli menyatakan jika seseorang jarang bergerak bisa menjadikan tubuh cepat lelah ketika beraktifitas. Leher menjadi kaku dan tubuh mudah capek. Maka dari itu usahakan untuk berolah raga yang cukup setiap harinya agar badan menjadi sehat dan tidak mudah sakit.

3. Kolesterol tinggi dan darah tinggi

Kolesterol tinggi serta darah tinggi juga kadang bisa berdampak leher menjadi terasa kaku dan kurang nyaman. Selain bisa menjadikan leher kaku kolesterol tinggi dan darah tinggi juga bisa menyebabkan rasa sakit di pundak. Jika anda mengalami gejala semacam ini maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter ataupun rumah sakit terdekatt.

4. Beban pikiran atau setres

Beban pikiran yang terlalu berat ditambah setres sangat berdampak pada kesehatan tubuh, diantaranya yaitu bisa memicu leher menjadi terasa kaku. Para ahli kesehatan banyak yang menyatakan kalau beban psikologis bisa menjadi penyebab utama dari berbagai macam penyakit, diantaranya yaitu seperti sakit leher. Jika anda tidak menginginkan kejadian semacam ini maka hindarilah pikiran setres. Buatlah hati tenang dan senyaman mungkin.

5. Kelelahan

Kelelahan juga salah satu faktor yang bisa menyebabkan leher menjadi kaku. Keadaan seseorang yang sangat melelahkan lebih mudah untuk terserah sakit pada leher. Aktifitas yang memberatkan bisa membuat otot-otot menjadi cepat tegang. Disaat otot-otot tubuh menjadi tegang maka secara tidak langsung otot pada leher juga ikutan menjadi tegang dan bahkan kadang sampai kram pada leher. 

Demikianlah 5 penyebab leher kaku yang wajib anda hindari. Leher yang terasa kaku tentuny sangat mengganggu aktivitas anda. Nah untuk itu anda hindarilah penyebab leher kaku diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimkasih.

wdcfawqafwef