5 Bahan Alami Yang Justru Memperburuk Luka Bakar

Bahan Alami Yang Justru Memperburuk Luka Bakar - Luka bakar, hampir semua orang pasti pernah mengalami luka bakar, entah karena kenalmot kendaraan, tersentuh api, tersengat logam panas dan lain sebagainya. Namun apa yang dilakukan orang ketika mengalami luka bakar, pasti akan langsung merendamnya dengan air dingin.

Namun banyak juga orang yag menggunakan bahan alami untuk mengatasi luka bakar. Bahan alami tersebut dianggap sangat cocok untuk untuk pertolongan pertama ketika mengalami luka bakar. Namun tidak semua bahan alami yang biasa digunakan orang tersebut dapat mengatasi luka bakar. Bahkan ada beberapa bahan alami yang dianggap ampuh atasi luka bakar, justru sebenarnya tidak mampu mengatasi luka bakar.

Berikut beberapa bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi luka bakar namun sebenarnya justru memperburuk luka bakar.
5 Bahan Alami Yang Justru Memperburuk Luka Bakar
Bahan Alami Yang Justru Memperburuk Luka Bakar

1. Pasta gigi

Kebanyakan orang ketika mengalami luka bakar seperti kerkena kenalpot kendaraan yang panas akan langsung mengoleskan pasta gigi pada luka bakarnya. Cara ini sangat populer dan banyak dilakukan orang, namun sebenarnya pasta gigi tidak dapat mengatasi masalah luka bakar, justri pasta gigi akan memburuk luka bakar. Pasta gigi mengandung bahan kimia seperti kalsium yang dapat merusak kulit sehingga menyebabkan kulit infeksi.

2. Es batu

Selain pasta gigi, es batu juga merupakan bahan alami yang sering digunakan orang untuk mengatasi luka bakar. Namun sebenarnya es batu tidak baik untuk luka bakar. Es batu dapat membatasi aliran darah ke kulit sehingga dapat merusak jaringan kulit. Akan lebi baik jika anda menggunakan air dingin atau air mengalir dari keran.

3. Lemon

Lemon juga sering digunakan orang untuk mengatasi luka bakar. Namun menggunakan lemon secara langsung pada luka bakar justru dapat memperburuk luka bakar tersebut. Lemon dapat menyebabkan luka bakar menjadi iritasi.

4. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida merupakan salah satu bahan yang umum digunakan untuk mengatasi luka bakar. Namun hidrogen peroksida ini justru dapat menyebabkan peradangan atau rasa nyeri pada luka bakar, oleh sebab itu hindarilah pemakaian hidrogen peroksida dalam luka bakar.

5. Mentega

Mentega juga akan memburuk luka. Hal ini dikarenakan mentega akan membuat lahan basah pada luka sehingga menjadi sarang bakteri. Dengan demikian hal ini akan membuat luka menjadi infeksi.

Demikianlah 5 bahan alami yang sebenarnya tidak mampu mengatasi luka bakar, justru bahan alami tersebut akan memperburuk keadaan luka. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef