5 Makanan untuk atasi sembelit

Makanan untuk atasi sembelit. Sembelit atau susah buang air besar (konstipasi) adalah suatu gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan dimana seseorang mengalami pengerasan pada tinja yang berlebihan, sehingga sangat sulit bagi penderita untuk membuangnya.

Menurut penuturan banyak orang, sembelit merupakan salah satu momok yang paling mengganggu dan paling menjengkelkan. Karena mereka merasa kesulitan saat buang air besar, seakan ada yang mengganjal dan menghalangi keluarnya air besar.  Biasanya sembelit ini ditandai dengan perut yang kembung, dan juga nyeri ketika anda ingin mengeluarkannya.

Untuk mengatasi sembelit, ada banyak cara yang bisa anda gunakan, salah satuny yaitu dengan mengkonsumsi makanan alami seperti buah-buahan ataupun sayuran. Berikut ini lima makanan untuk mengatasi sembelit:

5 Makanan untuk atasi sembelit

1. Brokoli

Memang sebagian besar orang mengaku kurang srek dengan brokoli. Sebenarnya brokoli memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Brokoli mengandung 5.1gr serat larut setiap cangkirnya. Serat inilah yang mampu melancarkan pencernaan dalam tubuh anda. Untuk itu, Mulai sekarang, cobalah untuk rutin mengkonsumsi brokoli secara rutin agar sistem pencernaan anda bisa bekerja lancar.

2. Sereal kaya serat

Sereal juga sebenarnya sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah memoperlancar sistem pencernaan. Anda bisa mengkonsumsi sereal yang memiliki kandungan 5gr serat setiap porsinya. Hal ini bisa memperlancar pencernaan anda secara alami.

3. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat larut yang baik untuk pencernaan. Dengan mengkonsumsi oatmeal secara rutin mampu membuat pencernaan anda lancar dan terhindar dari sembelit. Bukan hanya untuk pencernaan saja, tapi juga dapat membuat jantung anda semakin sehat.

4. Air

Air putih atau air mineral merupakan salah satu sumber kehidupan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih memang dapat membuat tubuh kita selalu terhidrasi setiap saat. Air putih juga dapat membuat kinerja usus bisa lebih teratur dan semakin lancar.

5. Strawberry

Strawberry selain rasanya yang enak dan digemari banyak orang, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan serat didalamnya dapat membantu memperlancar pencernaan tubuh. Sangat cocok bagi anda yang kesulitan dengan buang air besar. Namun jika anda tidak suka dengan strawberry, anda bisa menggantinya dengan pisang matang. 

Demikianlah 5 makanan untuk atasi sembelit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef