3 Makanan Ampuh untuk Cegah Perut Keram Saat Haid

Makanan ampuh untuk cegah perut keram saat haid. Haid adalah keluarnya darah kotor dari rahim wanita yang menandakan bahwa wanita tersebut sudah masuk kedalam masa-masa pubertas. Dalam fiqih islam, menurut madzhab Syafi'iyah, haid berlangsung minimal sehari semalam dan maksimal 15 hari. Jika lebih maka disebut dengan darah istihadhah.

Disaat akan datang dan saat masa-masa haid berlangsung, wanita pasti akan merasakan tanda-tanda atau gejalanya. Salah satunya adalah perut menjadi kram dan terkadang sangat melilit. Akibat perut yang sakit, segala aktivitas pun menjadi malas dan tidak nyaman untuk dilakukan. Bahkan makan pun menjadi tidak enak semua. Itulah salah satu gejala yang sering dikeluhkan oleh sebagian besar wanita yang sudah mengalami haid.

Untuk mencegah agar perut anda tidak terjadi keram saat haid, ada beberapa hal yang mungkin perlu anda lakukan. Salah satunya adalah makan makanan yang bisa membantu meringankan rasa kram. Berikut ini tiga makanan ampuh untuk cegah perut keram saat haid:

3 Makanan Ampuh untuk Cegah Perut Keram Saat Haid

1. Ikan laut

Ikan laut merupakan salah satu makanan yang perlu dikonsumsi oleh wanita yang sedang dalam masa haid. Terutama ikan tuna dan sarden, tapi ingat, bukan sarden yang kalengan atau kemasan, ikan yang dimasak langung. Ikan tersebut mampu mencegah rasa nyeri keram pada perut anda ketika haid. Hal itu disebabkan karena ikan laut mengandung omega-3 yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada perut, sakit parah sekalipun.

2. Sayur dan buah

Sayur dan buah memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Terutama sayuran hijau, kandungan zat besi, dan vitamin. Ketiga itu dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan. Sayur dan buah yang mengandung zat besi dan vitamin mampu mengurangi rasa sakit nyeri keram pada perut disaat haid berlangsung. Cobalah untuk rutin mengkonsumsi sayur dan buah untuk menjaga kesehatan perut dan juga tubuh lainnya.

3. Air putih

Air putih merupakan sumber kehidupan yang memang memiliki peran sangat penting untuk menyambung nyawa. Air putih atau air mineral ternyata bisa mencegah sakit keram pada perut disaat anda haid. Selain mencegah keram, tubuh anda pun akan selalu terhidrasi dengan baik. Tapi ingat, jangan minum kopi dan soda, karena kedua minuman itu dapat membuat otot anda menjadi keram saat haid. 

Demikianlah 3 makanan ampuh untuk cegah perut keram saat haid. Bagi anda wanita yang sedang haid, konsumsilah makanan tersebut untuk mengurangi rasa sakit karena keram. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef