4 Cara Alami Atasi Sakit Punggung di Trisemester Ketiga Kehamilan

Cara alami atasi sakit punggung di trisemester ketiga kehamilan. Di trisemester ketiga ini  perut pasti akan semakin membesar bagi ibu yang sedang hamil. Selain perubahan fisik pada perut. Anda pun akan merasakan sakit pada bagian punggung ketika berdiri terlalu lama.

Sakit yang dialami ibu hamil pada punggung bukan hanya karena berdiri yang terlalu lama, akantetapi juga bisa dikarenakan posisi tidur yang salah. Pertambahan berat badan yang terlalu cepat membuat saraf-saraf pada punggung mengalami ketegangan dan semakin lemah untuk menahannya. Alhasil punggung tidak kuat dan terasa sakit.

Agar punggung tidak sakit berlarut-larut ketika masa hamil yang memasuki trisemester ketiga, anda perlu menerapkan pola hidup yang lebih sehat lagi. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa membantu anda untuk mengatasi rasa sakit pada punggung di trisemester ketiga kehamilan:

4 Cara Alami Atasi Sakit Punggung di Trisemester Ketiga Kehamilan

1. Berjalan kaki

Dengan melakukan gerakan-gerakan dengan berjalan kaki, anda bisa mengurangi rasa sakit pada punggung. Punggung yang sakit di trisemester ketiga kehamilan bisa anda atasi dengan berjalan kaki disekitar rumah. Selain otot punggung juga akan melatih otot-otot lainnya saat persalinan berlangsung. Persalinan pun akan menjadi lebih kuat dan lancar.

2. Berenang

Selain berjalan kaki, anda juga bisa mengatasi sakit punggung dengan berenang. Dengan berenang, otot tubuh anada akan menjadi lebih fleksibel. Berenang dengan menggunakan gaya punggung dan gaya dada akan dapat efektif mengurangi ketegangan pada otot-otot tubuh yang menyebabkan punggung terasa sakit.

3. Gunakan kompres dingin dan panas

Biasakan untuk mengompres punggung anda menggunakan air dingin dan panas secara rutin. Dengan kebiasaan itu anda akan dapat mengurangi rasa sakit anda pada punggung. Untuk urutannya, anda bisa memulainya dengan menggunakan air dingin, kemudian menggunakan air panas untuk mengompresnya.

4. Tidur dalam posisi miring

Posisi tidur yang salah dapat membuat punggung anda terasa semakin sakit. Biasakan untuk tidur miring dengan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Jika anda tidur dengan terlentang akan membuat bayi merasa tidak nyaman, dan punggung anda pun akan semakin terasa tertekan. Anda juga bisa menggunakan bantal untuk mengganjal perut anda.

Demikianlah 4 cara alami atasi sakit punggung di trimester ketiga kehamilan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef