5 Kebiasaan yang Bikin Tangan Anda Cepat Menua

Pernah melihat tangan yang tua itu seperti apa? Tentu anda sudah pernah melihat, tapi mungkin belum mengetahui kalau yang dilihat anda itu merupakan tangan yang tua. Tangan yang tua bukan hanya dimiliki oleh orang yang tua, akan tetapi juga dimiliki oleh orang yang muda. Mengapa bisa? Bisa, hal itu dikarenakan kebiasaan hidup mereka yang tidak baik, sehingga bisa menyebabkan tangannya cepat tua jauh dari usianya yang masih muda.

Ciri-ciri dari tangan yang menua dan tampak lebih tua dari usianya yang sekarang yaitu bermacam-macam. Tangan yang tua itu akan tampak kasar jika disentuh, kering seperti bersisik, keriput banyak garis-garis ditangannya, dan juga kusam.

Menuanya tangan yang tidak sesuai dengan usianya saat ini, disebabkan oleh beberapa kebiasaan kurang baik yang biasa dilakukan oleh setiap orang. Kebiasaan ini mungkin terlihat sepele, tapi sebenarnya bisa menyebabkan tangan anda cepat tua sekan-akan usia anda sudah tua. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa membuat tangan anda cepat menua:

Kebiasaan yang Bikin Tangan Anda Cepat Menua

1. Tidak memakai sunscreen

Sunscreen bukan hanya dipakai untuk wajah saja, tapi juga dipakai untuk bagian tubuh anda yang sering terpapar sinar matahari, termasuk tangan anda. Ketika anda akan keluar ruangan, sebaiknya memakai sunscreen agar tangan anda tetap lembab dan terjaga dari resiko penuaan.

2. Terlalu sering pakai gel manicure

Manicure untuk mengecat kuku itu sebenarnya kurang baik untuk kesehatan dan kecantkan kulit anda. Mungkin sekilas tampak cantik, tapi dalam jangka panjang tangan anda akan lebih cepat tua dari usia anda. Begitu juga dengan sinar biru untuk mengeringkan cat kuku gel itu. Sinar itu sama halnya dengan sinar UV yang langsung dipaparkan dari matahari. Sehingga jika anda sering melakukan itu, kulit tangan anda akan cepat kering dan menua. Pakailah cat kuku biasa untuk lebih amannya.

3. Cuci tangan dengan sabun keras

Untuk mencuci tangan, kita membutuhkan pembersih dengan pH netral. Sedangkan sabun keras seperti sabun piring memiliki senyawa keras yang bisa membuat kulit anda cepat menua. Disaat anda mencuci piring, disarankan untuk memakai sarung tangan khusus, yaitu sarung tangan karet untuk cuci piring.

4. Terlalu sering cuci tangan

Terlalu sering mencuci tangan menggunakan air juga bisa memicu menuanya tangan. Jika anda dituntut untuk mencuci tangan terus-menerus yang mungkin karena pekerjaannya, biasakan untuk menggunakan moisturizer setelah mencuci tangan.

5. Terlalu sering memakai hand sanitizer

Hand sanitizer mengandung alkohol yang dapat membuat kulit anda menjadi kering dan keriput. Jika anda terlalu sering memakai hand sanitizer, bukannya tangan anda yang halus dan lembab, tapi malah akan menjadi kering dan keriput. Usapkanlah pada telapak tangan saja jika anda harus menggunakannya, jangan sampai ke punggung tangan. Jika anda terlalu sering mengusapkan pada punggung tangan, tangan anda akan tampak bintik-bintik dan keriput.

Demikianlah 5 kebiasaan yang bikin tangan anda cepat menua. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef