5 Kebiasaan Yang Bikin Gigi Rusak

Gigi merupakan senjata bagi kita untuk mengunyah makanan, tak bisa kita bayangkan jika kita tak memiliki gigi, pasti kita kesulitan dalam mengunyah makanan. Ya gigi sangat berpesan penting dalam proses penyunyahan makanan. Ketika ada gangguan sedikit saja pada gigi rasanya sudah tak karuan minta ampun.

Gigi memang memiliki peran penting, namun banyak orang yang kurang memperhatikan akan perawatan giginya, sehingga gigi mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu saja, sering kita justru melakukan tindakan-tindakan yang dapat merusak gigi. Mungkin orang tak menyadari jika tindakan tersebut dapat membuat gigi kita rusak.

Nahh yang menjadi pertanyaan, tindakan apasaja yang dapat merusak gigi kita? Berikut 5 tindakan yang dapat merusak gigi kita.
5 Kebiasaan Yang Bikin Gigi Rusak

1. Mengunyah es batu

Ketika cuaca terik dan panas, minum-minuman yang dingin dan segar pasti sangat nikmat sekali, terlebih jika minuman tersebut dilengkapi dengan bongkahan-bongkahan es batu. Nah tak jarang dalam kondisi demikian orang suka untuk mengunyah es batu. Benturan yang keras antara es batu dengan gigi akan membuat gigi terkelupas yang akan membuat lapisan pelindung gigi rusak dan akhirnya gigi mudah terserang berbagai masalah dan penyakit.

2. Soda

Soda merupakan minuman yang kurang sehat bagi tubuh. Soda selain dapat menyebabkan obesitas dan berbagai masalah kesehatan, minuman bersoda juga dapat membuat gigi menjadi rusak. Soda mengandung gula yang tentunya tak baik untuk gigi, selain itu soda juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang merusak enamel gigi. Batasilah dalam mengkonsumsi minuman bersoda.

3. Membuka bungkusan dengan gigi

Nah mungkin kebiasaan inilah yang  paling sering kita lakukan yaitu membuka bungkusan dengan gigi. Entah botol, bungkus plastik atau bungkus makanan lainnya. Kebiasaan ini dapat membuat gigi retak. Mulailah dari sekarang untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

4. Bruxism

Bruxism merupakan tindakan dimana orang mempermainkan gigi mereka seperti sedang mengunyah makanan sehingga menimbulkan suara gesekan antara gigi. Nahh gesekan antara gigi tersebutlah yang dapat membuat gigi menjadi rusak.

5. Permen kenyal atau perman karet

Semua jenis permen memang tak baik untuk kesehatan gigi. Namun yang paling bahaya adalah permen dengan tekstur yang kenyal seperti permen karet. Permen jenis ini biasanya suka menempel pada gigi dan kandungan gula didalamnya dapat merusak enamel gigi. Nahh untuk mengatasi hal ini anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

Demikianlah 5 kebiasaan yang dapat merusak gigi. Sekarang anda sudah tahu jika kebiasaan anda selama ini dapat merusak gigi anda. Mulailah dari sekarang untuk menghindari kebiasaan tersebut. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef